Cara Merawat Power Supply Hp Agar Tahan Lama

Sebagai seorang teknisi HP, sudah seharusnya memiliki alat-alat lengkap seperti misalnya power supply HP. Power supply berguna untuk menyalurkan pegangan kepada komponen lainnya.

Satu ini biasanya menjadi pegangan wajib bagi para teknisi HP. Harga dari power supply sebenarnya tidak terlalu mahal. Harganya ditentukan oleh jenis dan mereknya.

Terdapat dua jenis power supply yaitu analog dan digital. Untuk harga power supply analog cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis digital.

Walaupun demikian bukan serta-merta jenis analog lebih jelek dari jenis digital. Kedua jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Memilih jenis power supply yang berkualitas sangat penting dilakukan oleh seorang teknisi. Saat ini terdapat berbagai merk yang ada di pasaran.

Namun tidak semuanya memiliki kualitas baik, oleh karena itu sebelum membeli sebaiknya lakukan cek secara menyeluruh sebelum membeli. Sama seperti barang pada umumnya, power supply HP juga rentan mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja adalah cara pemakaian yang tidak tepat, oleh karena itu sebaiknya ketika menggunakan alat, pastikan digunakan sesuai dengan fungsinya.

Ketika sebuah Alat digunakan secara terus-menerus pasti lama-kelamaan terjadi penurunan performa. Atau bahkan terdapat komponen yang rusak. Kerusakan komponen sangat tidak diharapkan.

Selain dapat mengganggu ketika sedang melakukan perbaikan juga sedikit membuat kesal. Untuk menghindari terjadinya kerusakan kamu harus melakukan perawatan secara teratur.

Hal ini sering sekali lupakan oleh banyak orang. Sesudah membeli barang biasanya lupa untuk melakukan perawatan, padahal perawatan sangat penting untuk dilakukan.

Selain mencegah terjadinya kerusakan juga untuk menambah umur pakai. Untuk menjadi seorang teknisi yang baik tentunya harus bisa menjaga alat-alat yang digunakan dengan baik.

Jika tidak maka bisa saja sering terjadi kerusakan pada alat. Ini dapat membuat biaya operasional semakin besar, sehingga tidak bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Cara Merawat Power Supply Hp

Merawat power supply bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebenarnya tidak membutuhkan biaya besar, tetapi dibutuhkan waktu dan juga ketelitian.

Masih banyak teknisi menganggap remeh perawatan alat, sehingga beberapa alat mengalami kerusakan yang tentunya membuat performa tidak maksimal. Berikut beberapa tindakan untuk merawat power supply.

  1. Lakukan pembersihan secara berkala

Ketika terdapat kotoran seperti debu menempel terlalu banyak tentu akan menimbulkan masalah. Hal tersebut dapat menyebabkan temperatur naik karena saluran udara tertutup dan dapat menyebabkan performa dari power supply HP tidak maksimal.

  • Gunakan stabilizer

Menggunakan stabilizer dapat mengurangi risiko kerusakan akibat lonjakan atau penurunan arus secara drastis, sesuai dengan namanya stabilizer ini berguna untuk menstabilkan arus. Ini merupakan salah satu cara sederhana yang paling mudah untuk dilakukan.

  • Gunakan kipas ganda

Pendingin sangat dibutuhkan dalam power supply, hal tersebut dikarenakan seringkali harus bekerja pada temperatur tinggi. Alangkah baiknya kamu menggunakan kipas ganda, untuk membantu menurunkan ketika sedang dalam temperatur tinggi.

  • Menyesuaikan dengan kapasitas daya

Penting untuk melakukan hal ini, jangan mengurangi atau menambahkan karena hal tersebut justru dapat menghambat kinerja komponen. Pastikan jika kapasitas daya sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Ketika terjadi tanda-tanda kerusakan pada power supply sebaiknya segera diperbaiki. Jika tidak mempunyai keahlian dalam memperbaiki sebaiknya segera bawa ke tempat servis.  Ketika masih memiliki garansi bawalah ke tempat servis resmi. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan power supply HP yang kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *