Cara Penggunaan Solder Uap yang Benar dan Tepat

Solder uap atau blower menjadi salah satu alat yang harus dimiliki service ponsel karena alat ini bisa membantu memperbaiki ponsel yang mengalami kerusakan sehingga bisa kembali digunakan. Sebagai alat elektronik, ponsel termasuk rawan terhadap kerusakan, apalagi jika tidak dirawat dan dijaga maka akan lebih mudah.

Kerusakan pada ponsel harus segera ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan lain yang lebih parah. Itulah mengapa kamu harus segera memperbaiki ponsel saat mengalami masalah atau kerusakan. Dibutuhkan peralatan yang lengkap untuk memperbaiki ponsel dan salah satunya adalah blower yang akan kami bahas ini.

Hubungkan dengan Tegangan

Blower hot air ini dapat digunakan apabila terhubung dengan sumber listrik karena merupakan bagian dari alat elektronik. Tegangan yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada blower ini adalah 110-220 volt. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa sumber listrik mampu memenuhi tegangan yang dibutuhkan https://cody.id/produk/blower/blower-cody-858-digital/.

Jika mesin sudah terhubung dengan tegangan, selanjutnya tekan tombol ON pada blower hot air untuk menghidupkan mesin. Setelah kamu menekan tombol ON, mesin akan menyala dan fungsi blower sudah bisa kamu nikmati sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pastikan terlebih dahulu jika mesin sudah menyala sebelum menggunakannya.

Setting Level Pemanas dan Angin

Setelah blower hidup, bukan berarti kamu bisa langsung menggunakannya, tapi harus disesuaikan terlebih dahulu setiap bagian pada solder uap. Misalnya saja, pengatur panas, tekanan angin atau ukuran mata solder yang dibutuhkan. Pastikan kamu sudah mengatur setiap bagian sesuai kebutuhan dan komponen yang diperbaiki.

Pada saat setting ini pastikan kamu mengetahui komponen apa yang akan dikerjakan karena setiap jenis komponen memiliki ketentuan berbeda-beda dapat menerima panas. Setting harus dilakukan dengan tepat agar proses service ponsel berjalan dengan lancar sehingga kamu harus tahu fungsi setiap bagian dari blower.

Sesuaikan Blower Digital dan Analog

Seperti yang kita tahu, solder uap bisa kita temukan dalam dua jenis, yaitu jenis digital dan analog sehingga pengaturan harus disesuaikan dengan jenis blower hot air tersebut. Itulah mengapa pentingnya memahami karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis blower agar kita bisa tahu fungsinya.

Jika kamu menggunakan blower digital, maka kamu harus melakukan pengaturan panas atau tekanan angin secara manual sehingga harus lebih jeli dalam melihat indikatornya. Namun, jika kamu menggunakan blower analog, cukup putar bagian pengaturan sesuai dengan posisi yang diinginkan dan blower sudah bisa digunakan.

Blower Siap Digunakan

Setelah pengaturan, blower tidak bisa dilakukan secara langsung karena kita harus menunggu sampai panas dan tekanan anginnya sesuai dengan pengaturan. Biasanya, tidak dibutuhkan waktu lama hingga mesin solder uap mengeluarkan panas dan angin sesuai setting sehingga kamu bisa segera memanfaatkannya dalam proses service.

Apabila blower sudah di setting sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa segera menggunakannya, baik untuk mengangkat komponen kecil, memasang komponen kecil, mencetak komponen kecil hingga menyolder ulang komponen pada ponsel. Dengan begitu, proses service ponsel bisa berjalan dengan lancar dan cepat selesai karena memenuhi banyak kebutuhan service.

Pastikan Jangan Overheat

Dalam penggunaan blower hot air, kamu harus memperhatikan batas pemanasan setiap komponen pada ponsel karena setiap jenis berbeda batas pemanasan. Apabila penggunaan blower melebihi batas tersebut, maka komponen tersebut justru bisa mati fungsinya akibat overheat dan akhirnya kerusakan ponsel bisa semakin parah.

Bagi kamu yang ingin memperbaiki ponsel, pastikan terlebih dahulu untuk melengkapi peralatan yang dibutuhkan, termasuk blower. Pastikan kamu membeli blower tersebut pada toko yang sudah terpercaya sehingga kamu akan mendapatkan solder uap yang berkualitas dan bisa digunakan untuk memperbaiki ponsel kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *